Setelah serangan jantung, orang yang terus minum satu atau dua minuman beralkohol sehari bisa hidup lebih lama dari peminum berat atau non-peminum.
Temuan ini muncul dalam Jurnal Jantung Eropa.
“Bagi banyak pria setelah mengalami serangan jantung, diet dan perubahan gaya hidup utama yang direkomendasikan oleh dokter mereka, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa bagi laki-laki sudah jumlah sedang mengkonsumsi alkohol, terus mengkonsumsi jumlah sedang mungkin bermanfaat untuk kelangsungan hidup jangka panjang setelah serangan jantung, “kata peneliti Jennifer K. Pai, ScD, WebMD dalam email. Dia adalah asisten profesor kedokteran di Brigham dan Women ‘s Hospital dan Harvard Medical School di Boston.
Alkohol dalam jumlah moderat dapat meningkatkan kadar HDL (“baik”) kolesterol. Ini juga mungkin membuat darah lebih mungkin untuk membeku dan mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh, kata Pai.
Alkohol Terlalu Banyak
Studi ini melacak hampir 2.000 korban serangan jantung laki-laki sekitar 20 tahun. Setiap empat tahun, mereka ditanya tentang penggunaan alkohol mereka.
Pria yang memiliki dua gelas sehari (dengan minuman yang 4 ons anggur, botol atau kaleng bir, atau suntikan minuman keras) diklasifikasikan sebagai “moderat” .
Selama studi, 482 dari mereka meninggal. Peminum moderat adalah 14% kurang mungkin untuk meninggal akibat penyebab apa pun dan 42% lebih mungkin meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan bukan peminum.
Peminum berat adalah lebih mungkin meninggal selama penelitian sebagai pria yang tidak pernah minum setelah serangan jantung.
Sebagian besar pria tidak mengubah kebiasaan minum mereka setelah mereka mengalami serangan jantung.
Temuan baru mungkin tidak berlaku bagi korban serangan jantung perempuan.
Sandra V. Chaparro, MD, rusak temuan baru seperti ini: “Pria yang memiliki dua minuman per hari memiliki tingkat ketahanan hidup terbaik setelah serangan jantung pertama mereka.” Dia adalah seorang ahli jantung di University of Miami Miller School of Medicine. “Jika Anda mengkonsumsi dua minuman alkohol sehari, Anda tidak perlu mengubah itu, karena memiliki beberapa manfaat preventif,” katanya.
Tapi itu bukan lampu hijau untuk minum lebih banyak alkohol. “Tinggi jumlah alkohol akan merusak otak, jantung, dan hati,” kata Chaparro.
Stephen Green, MD, setuju. “Jika Anda seorang peminum moderat dan memiliki serangan jantung, tidak ada alasan untuk berhenti minum,” katanya. “Jika Anda mulai minum setelah serangan jantung Tentu saja tidak.?” Hijau adalah kepala kardiologi di North Shore University Hospital di Manhasset, NY
Banyak ahli kesehatan tidak mendorong teetotalers untuk mulai minum untuk manfaat kesehatan. “Mengingat efek buruk dari konsumsi alkohol berat dan potensi interaksi dengan obat, sebaiknya pria mendiskusikan risiko individu mereka dan manfaat dengan dokter mereka sebelum mulai minum,” kata Pai.


